Tips Hemat Belanja Online Saat Tahun Baru






Melakukan belanja secara online telah menjadi trend di setiap Negara saat ini. Didukung berbagai jenis kemudahan dan juga fasilitas yang diberikan telah mampu membikin anda menjadi betah saat mengunjungi website jual-beli. Itupun belum dengan tambahan seperti diskon yg sudah pasti akan membikin anda semakin ingin untuk membeli produk-produk yang ditawarkan pada laman situs tersebut.

Berkat segala kemudahan, kelebihan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh website online shop, namun juga memiliki berbagai macam kekurangan yg mengikutinya. Beberapa diantaranya adalah, harga barang yang ditawarkan jauh lebih tinggi dibandingkan membeli di toko secara langsung, juga resiko penipuan dan barang yang dibeli tidak sesuai dengan foto yang ditampilkan.

Menyambut Tahun Baru 2018 nanti dapat dipastikan terdapat banyak web online shop juga ikut memeriahkan Tahun Baru dengan memberikan diskon besar dan kelebihan yang lain. untuk anda yang mau melakukan kegiatan belanja pada Tahun Baru ini pasti sudah memiliki rencana untuk membeli beberapa barang dengan langsung karena terpikat dengan berbagai macam diskon yang diberikan oleh banyak website jual beli.

Namun tetap berhati-hati akan segala resiko penipuan dan juga perilaku kejahatan yang bisa merugikan anda saat belanja online. Dibawah ini adalah sedikit tips yang bisa anda lakukan ketika akan belanja secara online.

Selalu Waspada dalam Menentukan Online Shop

Ketika anda akan membeli sebuah produk melalui internet, pastikan anda untuk terlebih dulu mengunjungi website online shop yg sekiranya menjual barang yang anda inginkan. Waspadalah dalam memilih sebuah situs belanja online, karena jika anda salah dalam memilih maka akan dapat merugikan anda.

Baca Juga :

Se-belum membeli, selalu pastikan anda sudah menentukan online shop yang sudah dipercaya oleh orang banyak. Tanyakan kepada kerabat atau keluarga tentang pengalaman mereka saat membeli barang melalui online dan di web yang telah dikunjungi sebelumnya sehingga anda dapat membandingkan dengan mudah kualitas dari situs tersebut sebelum anda belanja di sana.

Selain itu, pilihlah online shop yg sudah memiliki banyak review yang baik, dan banyak digunakan oleh orang sebagai media dalam belanja online, juga review terhadap produk juga baik.

2. Teliti Saat Memilih Produk

Saat anda akan belanja di salah satu web e-commerce besar, ada satu-hal yang harus dipahami bahwa mayoritas website e-commerce hanya memiliki peran sebagai media untuk para penjual produk lain, dengan kata lain mereka adalah hanya sebagai mediator bagi pedagang yang lainnya. Itulah sebabnya kadang akan terjadi sebuah kesalahan terhadap barang yang akan anda beli, baik-dalam segi kwalitas produk ataupun kesalahan barang yang dikirimkan.

Salah satu contohnya adalah saat anda membeli kemeja atau kaos, maka akan bermunculan jenis penjual barang dari kategori itu, cara untuk memilih produk yaitu dengan menentukan produk yang memiliki banyak rating, memiliki kwalitas foto yang bagus untuk produk yang ditawarkan sehingga anda dapat membandingkan dan mempunyai review yang baik dari orang yang sudah membeli barang tersebut. Seringkali harga juga menentukan kwalitas, jadi jangan ragu-ragu untuk membeli produk dengan harga sedikit lebih mahal tetapi kualitasnya terjamin.


3. Dahulukan Pembayaran melalui COD (Cash on Delivery)

Selain melihat rating dan review, Anda juga dapat melihat cara pembayaran. Diutamakan memilih dengan cara COD apabila penjual mengadakan layanan pembayaran itu. Nah, jika produk yang diterima tersebut tidak sesuai dengan keinginan atau rusak, anda dapat mengembalikan produk itu langsung tanpa lagi harus membayar. Dan anda tidak usah melakukan pengembalian produk dan refund yang prosesnya merepotkan.

4. Pembayaran Melalui Pihak Ketiga

Layanan pembayaran melalui pihak ketiga ini ialah dimana anda tidak mentransfer pembayaran langsung ke nomor rekening penjual, melainkan ke rekening website e-commerce yang menjadi perantara online shop. Cara tersebut lebih aman untuk menghindari dari penipuan online. Dengan sistem pembayaran seperti ini pihak e-commerce akan menahan uang anda jika status barang masih belum diterima oleh anda.

Cara pembayaran ini sangat aman bagi anda yang suka belanja produk tanpa layanan pembayaran COD. Dan juga aman untuk anda yang belanja online dengan memakai kartu kredit, jika anda memilih e-commerce yang telah dirpercaya, data pribadi dan kartu kredit Anda akan terjamin aman.

5. Memanfaatkan Diskon lebih Bijak

Belanja di saat Tahun Baru pasti akan bikin Anda makin ingin ber-belanja meskipun itu adalah barang yang belum terlalu anda butuhkan. Tentunya, karena barang tersebut diberikan embel-embel diskon gede-gedean dan bonus yang besar diberikan oleh web online shop. Tetapi anda juga jangan terperdaya dengan hal tersebut. Umumnya produk-produk yang didiskon besar merupakan produk dengan kwalitas yang kurang bagus ataupun produk lawas yang harus dihabiskan.

6. Memanfaatkan Point Reward

Untuk anda yang suka berbelanja online dengan memakai kartu kredit, layanan diskon yang ditawarkan website e-commerce tidak selalu berupa voucher diskon atau potongan harga, akan tetapi juga ada point reward. Ini merupakan salah satu keuntungan yang bisa anda nikmati sebagai pengguna kartu kredit saat belanja secara online melalui web e-commerce yang punya layanan pembayaran lewat pihak ketiga ataupun kartu kredit.

Point reward ini dapat anda gunakan sebagai voucher-diskon tambahan. Makin besar point yang anda miliki, juga semakin besar potongan harga yang anda dapatkan. Dan hal ini akan membuat Anda sedikit lebih hemat saaat belanja online. Prioritaskan produk yang sangat dibutuhkan. Tidak tergiur oleh diskon besar yang ada pada barang yang sebetulnya tidak anda butuhkan. Tahun Baru harusnya dimanfaatkan untuk berbelanja lebih hemat bukan sebaliknya.


Note: Layanan Dana Tunai Pinjaman Cepat Cair Di Daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Seluruh Wilayah Indonesia Proses Cepat Syarat Mudah Non BI Checking. Informasi Lengkap Anda dapat Menghubungi Kami disini.
Disqus Comments